Data Simkuing

Foto saya
bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kami adalah orang yang tidak suka disama-samakan dengan siapapun (dalam segala hal). Tetapi kami akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik (dalam segala hal).

Sabtu, 22 Desember 2007

Pengalaman Budaya

Kebanyakan anak-anak yang berusia berkisar antara enam belas sampai delapan belas tahun itu sangat susah diatur dan suka menganggap remeh suatu aturan yang telah ditetapkan oleh orang-orang pendahulu. Pada saat itu saya duduk dibangku kelas tiga Sekolah Menengah Atas, saya dan teman-teman semuanya khususnya jurusan IPS mendapatkan study tour ke sebuah kampung adat bernama "Sinar Resmi" tepat berada didaerah Sukabumi. Setelah setibanya disana, kami bersalaman dan berkenalan satu sama lain dengan semua penduduk disana, karena jumlah penduduknya yang relatif sedikit. Lalu setelah itu kami melakukan istirahat sebentar berduduk-duduk dengan kaki dipanjangkan kedepan. Setelah beberapa menit kemudian, kami melihat bahwa ada seorang warga diseberang kami melihat dengan muka yang cukup kecut ke arah pohon dimana pohon itu kami pakai untuk istirahat. Lalu kami tidak hiraukan semua itu tanpa ada sebuah pertayaan apapun.
Lalu kami kembali ke basecamp untuk berkumpul dengan teman-teman yang lain. Selang beberapa menit saja guru kami menjelaskan tata tertib yang harus dipatuhi dan harus selalu diingat selama berada desa adat ini. Guru kami menjelaskan banyak tentang hal-hal yang harus dipatuhi selama berada disini yakni salah satunya adalah tidak boleh duduk sambil kaki dipanjangkan kedepan, karena hal itu merupakan suatu hal ketidak sopanan bagi orang pendatang kepada penduduk disana. Akhirnya kami semua yang tadi duduk dibawah pohon untuk istirahat mengerti, mengapa salah satu warga yang melintas didepan kami melihat dengan muka yang cukup kecut.

1 komentar:

LowLowyellow mengatakan...

iyes beneur crita nyah ... !!
jadi mengingatkan saiia sebagi pesertanyah pada saat itu ...

banyak lagi aturan - aturan adat lainnya yang mesti dipatuhi diantaranya MAKANAN yang kita makan TIDAK BOLE SATU BIJI NASI PUN JATUH KELANTAI ..
selain itu jika berkunjung kerumah kepala adat mesti pake SARUNG atow SAMPING ...

hehehe...

dasar orang desa aneh aneh praturannyah ... !!!

tapi itulah BUDAYA ...